10 Penyebab Jerawat Dan Cara Menghilangkannya Dengan obat totol jerawat pratista

10 Penyebab Jerawat Dan Cara Menghilangkannya Dengan obat totol jerawat pratista

Penyebab jerawat di pipi dapat dipengaruhi dari makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Makanan penyebab jerawat hanya salah satu faktor penyebab munculnya jerawat di wajah. Ada hal-hal simpel lain yang sering Anda lakukan yang dapat memicu munculnya jerawat dan inilah cara menghilangkannya denganĀ obat totol jerawat pratista.

penyebab jerawat di pipi
ANDA merasa sudah membersihkan wajah dengan benar, bahkan melakukan perawatan wajah untuk menghindari jerawat, tetapi jerawat muncul lagi. Salah satu penyebab jerawat dapat muncul karena ada hormon penyebab jerawat. Selain itu, mengonsumsi makanan penyebab jerawat juga bisa menjadi pencetus masalah kulit ini. Di samping itu, ternyata ada 13 hal simpel yang sering Anda lakukan dan dapat memicu munculnya jerawat.

1. Perjalanan dengan pesawat
Tanpa Anda sadari, saat berpergian dengan pesawat, udara di dalamnya dapat mempengaruhi kelembapan wajah. Udara kering dalam pesawat dapat menjadi penyebab jerawat di wajah.

Supaya wajah tidak kering saat melakukan perjalanan dengan pesawat, Anda dapat menggunakan pelembap sebelum take-off dan mencuci wajah setelah landing. Dengan begitu, kulit wajah tetap terjaga kelembapannya.

2. Telepon genggam Anda
Setiap hari Anda pasti akan selalu memegang telepon genggam Anda. Tanpa Anda sadari, telepon genggam dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan debu yang dapat menjadi penyebab jerawat di pipi.

Setelah memegang handphone, tangan menyentuh wajah, atau saat Anda menelepon, pasti layar telepon Anda bersentuhan dengan wajah. Dengan begitu bakteri dengan mudah menempel di wajah Anda pula.

Untuk mengurangi bakteri yang menempel, Anda dapat membersihkan telepon genggam Anda dengan tisu basah yang mengandung anti-bakterial, sehingga dapat mematikan kuman-kuman yang ada di telepon genggam.

3. Penggunaan scrub wajah yang berlebihan
Jessica Wu, seorang pakar kulit mengatakan bahwa kesalahan yang sering dilakukan adalah penggunaan sabun scrub wajah yang berlebihan. Banyak yang beranggapan bahwa penggunaan scrub wajah setiap hari atau dua kali sehari dapat membersihkan kotoran penyebab jerawat.

Faktanya, jika scrub digunakan terlalu sering, kulit wajah bisa mengelupas dan pori-pori kulit dapat teriritasi. Jadi, scrub sebaiknya digunakan dua kali dalam seminggu.

Baca juga: Air Lemon Untuk Atasi Jerawat, Ampuhkah?

4. Lotion sunscreen
Penggunaan sunscreen sudah sangat melekat dengan Anda. Sunscreen atau tabir surya memang berguna untuk melindungi kulit dari sengat sinar matahari.

Namun, salah memilih lotion dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu jerawat. Disarankan memilih sunscreen tanpa kandungan minyak dan non-comedogenic yang tidak menyumbat pori-pori.

5. Kuas make-up
Mungkin Anda tidak menyadari jika kuas make-up mengandung bakteri dan kotoran yang dapat menjadi penyebab jerawat di pipi. Anda merasa sudah mencuci bersih kuas make-up, tetapi jika hanya membilas kuas di air, bakteri dan sisa make-up masih melekat di sela-sela kuas.

Untuk mebersihkan kuas hingga bersih, cuci kuas Anda di air hangat dan gunakan sedikit sampo untuk membersihkan sisa make-up. Bilas lalu keringkan dengan tisu. Mudah bukan?

6. Tingkat stres
Tingkat stres yang Anda rasakan dapat mempengaruhi hormon kortisol. Kortisol adalah hormon penyebab jerawat yang dapat meningkatkan kadar minyak di permukaan kulit dan memicu munculnya jerawat.

Untuk menghindari stres, Anda patut memperhatikan jam tidur, olahraga teratur, dan luangkan waktu untuk menghibur diri sendiri supaya pikiran rileks dan tidak stres.

7. Alas yoga
JIka Anda mengikuti yoga, jangan lupa untuk selalu membersihkan alas yoga yang Anda gunakan. Saat yoga, pasti ada keringat atau bakteri yang tidak Anda sadari melekat di alas yoga.

Lalu, Anda melakukan gerakan tertentu dan kemunginan besar wajah menempel di alas yoga. Setelah Anda gunakan, selalu bersihkan dengan tisu basah anti-bakterial dan jangan lupa membawa handuk untuk membersihkan keringat di tubuh Anda.

8. Diet yang Anda jalani
Jika Anda menjalani diet dengan menu yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh, jerawat dapat muncul dengan sendirinya. Maka dari itu, konsultasikan dengan dokter ahli gizi sebelum Anda diet supaya tidak berpengaruh pada munculnya jerawat.

Anda dapat mengonsumsi sayur-sayuran seperti brokoli, kol, atau kacang almond, dan kacang-kacangan untuk mengembalikan keremajaan kulit saat diet.

Baca juga: Pola Makan Diet Bisa Menimbulkan Jerawat?

9. Tangan Anda
Bayangkan setelah tangan Anda menyentuh banyak barang dan bersalaman dengan orang lain, lalu secara tidak sadar Anda memegang wajah. Apalagi saat ada jerawat kecil di permukaan wajah dan Anda tidak dapat menahan diri untuk tidak menyentuhnya.

Kebiasaan tersebut dapat memperburuk kulit wajah. Jadi, jangan lupa untuk selalu cuci tangan atau gunakan tisu untuk membersihkan wajah supaya bakteri tidak menempel dengan mudahnya.

10. Baju olahraga yang Anda kenakan
Keringat yang menempel di baju olahraga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Pilihlah baju olahraga dengan bahan yang mudah menyerap keringat, cepat kering, dan sedikit longgar di tubuh.

Jangan malas untuk selalu mandi setelah berolahraga supaya badan lebih fresh dan bersih dari sisa keringat penyebab jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *